Tips - Berbelanja dengan Pintar

Tupperware Tips - Berbelanja dengan Pintar untuk Berhemat


Dengan kondisi ekonomi serba sulit, ibu harus lebih cerdas dalam berbelanja dan menyimpan barang belanjaan dengan baik, agar tak terbuang dengan sia-sia.

Tupperware-Tips-Tips Money save

Jangan panik dulu !
Belanja bulanan memang butuh strategi apik agar budget tidak meledak di luar perkiraan dan mengganggu kebutuhan keluarga lainnya. Plus supaya bahan makanan dan minuman tak terbuang percuma karena salah hitung (kadaluarsa misalnya).
Jadi, apa yang harus dilakukan?

Yuk, ikuti tips berikut ini :

Buat Daftar

Seberapa sering Anda merencanakan sesuatu tapi gagal memenuhinya, salah satunya ketika merencanakan daftar belanja bulanan? Penyebabnya adalah persiapan yang tidak matang. Biasanya, orang membuat daftar dengan terburu-buru tanpa ada prioritas tertentu.

Padahal membuat daftar belanja yang efektif bisa dimulai dengan memberi kategori yang pas. Buatlah tabel dengan kolom-kolom spesifik sesuai dengan kandungan nutrisinya. Misalnya, karbohidrat, protein, vitamin, kalsium dst. Atau Anda juga bisa menempelkan memo di lemari es, lalu setiap kali Anda mengecek isinya, tuliskan bahan makanan mana yang sebentar lagi habis.

Dengan begitu, Anda tahu pasti mana yang harus terlebih dulu dibeli.

Saat membuat daftar juga saat berbelanja, sebaiknya gunakan konsentrasi penuh tanpa gangguan anak atau suami. Sendiri dengan daftar yang terencana, pasti membuat belanja bulanan lebih efektif.

Oh ya, ketika hari belanja tiba, lakukan pengecekan sekali lagi, cari tahu mana yang terlewat dan berangkat dengan tenang menuju supermarket atau pasar.

Jangan Belanja Mata !

Sampai di supermarket, langsung cermati daftar belanja yang sudah dibuat. Kalau daftarnya sedikit, lebih baik pilih keranjang dan jika sebaliknya, pilih trolley. Langsung tuju lorong yang memang menyediakan daftar belanja dan jangan buang waktu dengan melihat-lihat ke lorong lain.

Ini hanya akan membuat Anda lapar mata dan tergoda untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan.

Ini persis dengan apa yang ditulis di buku “Why We Buy” oleh Paco Underhill (pemerhati hubungan belanja dan psikologis), semakin banyak kita berinteraksi dengan sesuatu, semakin kuat keinginan untuk membelinya.

Jangan terjebak dengan strategi supermarket yang menempatkan banyak “halang-rintang” berupa produk lain di antara lorong.

Dengan kata lain, fokus dan patuhi daftar belanja yang sudah dibuat.Dan, sama halnya dengan membuat daftar belanja, lebih baik pergilah berbelanja sendiri. Laki-laki cenderung membeli apa yang diinginkan anaknya, dan anak selalu menginginkan banyak barang yang sebetulnya tidak diperlukan.

Yes! Ada Diskon

Sering-sering membaca koran, majalah, hingga menjelajah internet banyak manfaatnya, lho. Salah satunya adalah promo diskon di supermarket. Manfaatkan momen ini untuk memangkas biaya belanja bulanan.

Jangan ragu juga untuk membandingkan harga supermarket A dan supermarket B, namun jangan terkecoh dengan harga yang lebih murah. Pastikan kualitasnya memang yang terbaik.Bagaimanapun, makanan ini nantinya akan dikonsumsi keluarga. Tentunya, Anda ingin yang terbaik, kan?

Ketahui Menu

Trik lain agar belanja bulanan makin efektif adalah dengan mengetahui menu yang akan dibuat untuk minggu-minggu ke depannya. Memang langkah ini menghabiskan lebih banyak waktu dan pikiran, tapi jika Anda berpikir selangkah ke depan, tak akan ada bahan makanan yang terbuang percuma dan ini jelas menghemat biaya.

Bingung mengatur menu?
Bacalah tabloid, majalah hingga internet yang banyak menyediakan rubrik perencanaan menu. Seminggu? 2 minggu? Tak masalah, yang penting Anda tahu dan pastinya terbantu dengan perencanaan menu yang sudah dibuat di media massa yang dibaca.

Tak ada alasan lagi untuk mengelak dari perencanaan menu, kan? Ssstt… jika ada dana tersisa dari perencanaan menu ini, dana bisa dialokasikan untuk kebutuhan mendadak, lho. Banyak manfaatnya, kan?

Simpan Dengan Baik

Saat berbelanja, jangan lupa perhatikan tanggal kadaluarsa pada kemasan dan langsung simpan di wadah yang tepat.Pilihlah wadah yang memang pas untuk setiap bahan yang telah dibeli dan yang paling penting, aman dari kontaminasi udara hingga air.Pasalnya, kontaminasi dua hal tadi bisa mengakibatkan bahan makanan rusak sebelum waktunya.

Nah, agar menghemat waktu dalam menyiapkan makanan, lebih baik simpan wadah tadi di tempat yang mudah dijangkau. Kalau Anda menyimpannya dalam lemari es, pastikan tidak menghabiskan banyak ruang plus mudah diambil dan diletakkan kembali. Hidup lebih terencana pasti akan terasa lebih baik.

Siap mencobanya?




Sumber: tabloidnova.com
Design by Hanz. Diberdayakan oleh Blogger.